Billboard Ads

Gudang Amunisi TNI Meledak, Anton Sukartono: Perlu Kompensasi

 


Peristiwa meledaknya Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, telah menimbulkan keprihatinan dan permintaan penjelasan dari anggota Komisi I DPR RI. Mereka menegaskan akan meminta penyebab pasti dari jajaran TNI, termasuk Panglima, serta menekankan perlunya langkah-langkah untuk mencegah kejadian serupa terulang.

Anton Sukartono Suratto, anggota Komisi I DPR RI yang berasal dari Kabupaten Bogor, menyatakan bahwa dalam rapat kerja dengan panglima TNI, mereka akan menanyakan penyebab pasti terjadinya ledakan tersebut dan upaya apa yang akan dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang. "Jangan sampai kejadian ini terulang kembali," ungkapnya saat memberikan bantuan kepada warga terdampak.

Selain itu, Anton juga menyoroti perlunya kompensasi bagi masyarakat yang terdampak ledakan. Dia menyatakan akan menanyakan kepada Panglima TNI mengenai kompensasi yang akan diberikan, termasuk perbaikan rumah dan langkah-langkah pemulihan lainnya.

Dalam konteks ledakan tersebut, Anton juga mempertanyakan mengapa amunisi yang telah kadaluwarsa tidak dimusnahkan dan dibiarkan dalam gudang. Dia menegaskan perlunya pengecekan dan pemeliharaan yang lebih baik terhadap amunisi untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, mengumumkan bahwa pemerintah daerah telah memulai asesmen terhadap rumah yang rusak akibat ledakan. Mereka memiliki waktu 14 hari untuk menentukan langkah-langkah penanganan dan pemulihan, termasuk koordinasi dengan pihak terkait dan rehabilitasi masyarakat yang terdampak.

Meskipun tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam ledakan tersebut, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan, telah mengingatkan warga untuk tidak mengambil proyektil amunisi yang terpental dari gudang ke kompleks permukiman di sekitar lokasi ledakan. Dia juga telah memerintahkan petugas untuk mengamankan proyektil-proyektil tersebut agar tidak ada kecelakaan yang terjadi.

Peristiwa meledaknya Gudang Amunisi di Bogor menjadi sorotan serius bagi pihak terkait dan masyarakat setempat. Upaya pemulihan dan pencegahan kejadian serupa menjadi prioritas untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.

Post a Comment