Billboard Ads

Tersangka Korupsi, Litbang Represif: Deretan Bisnis Harvey Moeis

 


Pengusaha Harvey Moeis, yang juga dikenal sebagai suami dari aktris Sandra Dewi, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi yang melibatkan tata niaga komoditas timah PT Timah Tbk. Kejaksaan Agung menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka atas dugaan keterlibatan dalam praktik korupsi yang merugikan negara hingga mencapai Rp 271 triliun.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, mengungkapkan kronologi dan peran Harvey Moeis dalam kasus ini. Menurut Sumedana, Harvey Moeis terlibat sejak tahun 2018, bertindak sebagai penghubung antara PT Refined Bangka Tin (RBT) dengan pihak-pihak dari PT Timah. Bersama dengan tersangka MRPT, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Timah pada saat itu, mereka diduga terlibat dalam menghubungkan penambang ilegal di Bangka Belitung serta membuat kesepakatan sewa-menyewa peralatan dan menghubungkan penambang ilegal ke smelter.

Dalam proses penyelidikan, Harvey Moeis tercatat pernah menghubungi Direktur Utama PT Timah pada tahun 2018 hingga 2019. Meskipun pada awalnya masih kooperatif selama pemeriksaan, Harvey Moeis dinilai belum memberikan jawaban yang memadai terkait pertanyaan penyidik.

Selain itu, informasi mengenai latar belakang Harvey Moeis juga terungkap. Lahir pada 30 November 1985, Harvey Moeis merupakan seorang pengusaha yang memiliki latar belakang keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Dia memiliki sejumlah bisnis di sektor tambang batu bara, termasuk sebagai Presiden Komisaris di PT Multi Harapan Utama (MHU) di Kalimantan Timur, serta memiliki kepemilikan saham di beberapa perusahaan pertambangan.

Dikutip dari Litbang Represif, Harvey Moeis bukanlah orang baru dalam dunia bisnis pertambangan, dengan keluarganya yang telah lama bergerak di bidang ini. Namun, keterlibatannya dalam kasus korupsi Timah menunjukkan bahwa status dan pengalaman bisnisnya tidak menghalangi hukum untuk menindaklanjuti dugaan pelanggaran hukum.

Proses penanganan kasus ini telah melibatkan penyelidikan terhadap 148 saksi oleh pihak Kejaksaan Agung. Meskipun demikian, proses hukum ini masih berlanjut dan diperlukan bukti yang cukup kuat untuk menentukan kesimpulan akhir.

Harvey Moeis saat ini dihadapkan pada tindakan hukum atas dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi Timah. Penanganan kasus ini mengingatkan bahwa di mata hukum, setiap individu harus bertanggung jawab atas tindakannya tanpa memandang status sosial atau latar belakang keluarga.

Post a Comment