Billboard Ads

Komisi II DPR Bakal Rapat dengan KPU Bahas Pencalonan Pilkada

 


Komisi II DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat kerja yang menjadi sorotan publik. Rapat ini bertujuan untuk membahas evaluasi Pemilu serta Peraturan KPU (PKPU) terkait pencalonan pada Pilkada 2024.

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, menyebutkan bahwa terdapat dua agenda utama dalam rapat tersebut. Pertama adalah pembahasan PKPU Pencalonan, dan kedua adalah evaluasi lanjutan terhadap Pemilu.

Salah satu isu yang menjadi perhatian adalah aturan terkait caleg terpilih yang berkeinginan untuk maju dalam Pilkada 2024. Menurut Ahmad Doli Kurnia, caleg terpilih seharusnya harus mundur dari jabatannya jika ingin mencalonkan diri dalam Pilkada.

Namun, pandangan ini tidak sepenuhnya sejalan dengan pandangan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Hasyim sebelumnya menyatakan bahwa tidak ada larangan bagi caleg terpilih Pemilu 2024 untuk dilantik secara susulan, bahkan jika mereka kalah dalam Pilkada 2024. Hal ini disebabkan karena tidak ada aturan yang mengatur pelantikan anggota legislatif secara serentak.

Hasyim juga mengacu pada Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 12/PUU-XXII/2024 yang menyatakan bahwa yang wajib mundur saat mencalonkan diri dalam Pilkada adalah mereka yang telah dilantik dan memiliki jabatan.

Rapat ini menjadi forum penting untuk mendiskusikan perbedaan pandangan antara kedua komisi dan mencari titik temu terkait aturan dan prosedur terkait caleg terpilih yang ingin maju dalam Pilkada 2024.

Perdebatan mengenai aturan ini menunjukkan pentingnya klarifikasi hukum yang jelas dan komprehensif dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses demokrasi di Indonesia.

Post a Comment